Site icon FK-KMK UGM

FK-KMK UGM Gelar Kuliah Tamu tentang Kesehatan Mental Calon Dokter

FK-KMK UGM. Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada menggelar kuliah tamu bertajuk “Behind the White Coat: Impostor Phenomenon in Medical Training” pada Selasa, 10 Juni 2025. Kegiatan ini menghadirkan narasumber internasional, Arjan Schröder, M.D., Ph.D., dari Vrije Universiteit Amsterdam, yang merupakan peneliti aktif di bidang psikiatri dan psikologi klinis.

Kuliah tamu ini menjadi ruang refleksi mendalam bagi para mahasiswa kedokteran untuk memahami impostor phenomenon—suatu kondisi psikologis di mana seseorang merasa tidak layak atau meragukan kompetensinya, meskipun telah terbukti secara objektif mampu dan berprestasi. Fenomena ini kerap dialami oleh mahasiswa kedokteran dan tenaga medis, yang berada dalam tekanan tinggi untuk selalu tampil sempurna dan profesional.

Dalam paparannya, Dr. Schröder membagikan hasil penelitiannya sekaligus pendekatan strategis dalam menangani perasaan impostor di lingkungan pendidikan medis. Ia menekankan pentingnya kesadaran diri, sistem pendukung yang sehat, dan pendekatan berbasis bukti dalam membangun resiliensi dan kesehatan mental calon dokter. Diskusi berlangsung interaktif dengan antusiasme tinggi dari peserta yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan dan latar belakang.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen Program Studi Kedokteran FK-KMK UGM dalam mewujudkan pendidikan kedokteran yang holistik dan berdaya saing global. Selain menekankan aspek akademik, perhatian terhadap kesehatan mental dan pengembangan profesional mahasiswa juga menjadi prioritas utama dalam mencetak tenaga kesehatan yang tangguh dan berintegritas.

Lebih lanjut, kegiatan ini mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera melalui promosi kesehatan mental dalam pendidikan kedokteran, serta SDG 4: Pendidikan Berkualitas melalui pengayaan materi pembelajaran yang relevan dengan tantangan psikososial profesi medis di era modern, serta SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. (Kontributor: Agustina Latifah Hanum).

Exit mobile version